WHISTLEBLOWING SYSTEM

DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA

Mari Bersama-sama Menciptakan Pemerintahan Yang Jujur dan Bersih

Laporkan Setiap Pelanggaran Yang Terjadi Di Lingkungan Kerja

Tulis Pengaduan

Definisi Whistle Blowing

mekanisme penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana tertentu yang telah terjadi atau akan terjadi yang melibatkan pegawai dan orang lain yang yang dilakukan dalam organisasi tempatnya bekerja, dimana pelapor bukan merupakan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkannya.

KRITERIA PENGADUAN

Jika Anda melihat atau mengetahui dugaan Tindak Pidana Korupsi atau bentuk pelanggaran lainnya yang dilakukan pegawai DPD, silahkan melapor ke Inspektorat DPD. Jika laporan anda memenuhi syarat/kriteria, maka laporan Anda akan diproses lebih lanjut.

WHAT

Apa perbuatan berindikasi Tindak Pidana Korupsi / pelanggaran yang diketahui.

WHO

Siapa yang bertanggungjawab/terlibat dan terkait dalam perbuatan tersebut.

WHERE

Dimana tempat terjadinya perbuatan tersebut dilakukan.

WHEN

Kapan waktu perbuatan tersebut dilakukan.

HOW

Bagaimana cara perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dan sebagainya).

EVIDENCE

Dilengkapi dengan bukti permulaan (data, dokumen, gambar dan rekaman) yang mendukung.

Anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena kami akan MERAHASIAKAN & MELINDUNGI Identitas Anda sebagai whistleblower. Kami sangat menghargai informasi yang Anda laporkan. Fokus kami kepada materi informasi yang Anda Laporkan. Sebagai bentuk terimakasih kami terhadap laporan yang Anda kirim, kami berkomitmen untuk merespon laporan Anda selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja sejak laporan Anda dikirim.

Tata Cara Pengaduan

1.

Periksa Laporan Anda

Sebelum melaporkan pengaduan Anda di Whistleblowing System kami, terlebih dahulu periksa kelengkapan pengaduan Anda apakah telah sesuai dengan kriteria pengaduan yang telah ditetapkan.

2.

Isi Formulir Pengaduan

Klik menu "Tulis-Pengaduan" yang terdapat di bagian navigasi dan lanjutkan dengan mengisi formulir pengaduan yang telah disediakan dan lanjutkan dengan menekan tombol "Kirim Pengaduan".

3.

Simpan Kode Akun

Setelah mengirim pengaduan, Anda akan mendapatkan kode akun yang memastikan Anda dapat masuk ke halaman khusus pelapor yang telah disediakan. Simpan dan jaga kerahasiaan kode akun tersebut.

4.

Pantau Pengaduan

Anda dapat memantau pengaduan yang pernah dikirim, membuat pengaduan baru dan juga dapat melakukan komunikasi secara pribadi dengan administrator WBS melalui halaman khusus pelapor.


Baca Selengkapnya

Penanganan Pengaduan